Mutuagung Lestari Lebarkan Sayap ke Malaysia

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Mutuagung Lestari (Mutu Certification) memperluas jasa layanan sertifikasi dan inspeksi sampai Malaysia semenjak akhir tahun lalu. Perusahaan memiliki kantor cabang di Negeri Jiran. Pesatnya perkembangan industri di Malaysia menjadi pertimbangan  utama Mutu Certification dalam pengembangan area bisnisnya.

“Di Malaysia, perusahaan yang menjadi klien kami dari sektor kelapa sawit juga,” kata Arifin Lambaga, Presiden Direktur  PT Mutuagung Lestari dalam perbincangan beberapa waktu lalu kepada SAWIT INDONESIA.

Menurut Arifin Lambaga, banyak perusahaan kelapa sawit Malaysia yang beroperasi di Indonesia merekomendasikan layanan Mutuagung Lestari kepada perusahaan sawit lain yang berada di Malaysia.  Adapula klien Mutuagung Lestari yang berada di Indonesia juga mempunyai konsesi di Malaysia.

 “Mereka (perusahaan sawit) melihat keunggulan layanan  sertifikasi dan auditor kita dibandingkan perusahaan lain. Lalu, mereka merekomendasikan kami,” jelas Arifin.

Perusahaan kelapa sawit di Malaysia yang menggunakan jasa Mutu Certification antara lain Felda dan  Sime Darby.

Selain Malaysia, perusahaan juga membuka kantor cabang di Tiongkok. Arifin mengatakan pembukaan cabang di Tiongkok untuk membantu pelayanan sertifikasi produk berbasis kayu.

Di industri kelapa sawit, perusahaan menangani proses audit sertifikat ISPO dan RSPO. Layanan lainnya adalah perusahaan juga ditunjuk sebagai lembaga sertifikasi untuk ISCC (International Sustainability and Carbon Certification.  

“Di antara perusahaan sertifikasi tingkat nasional, baru kami yang melayani audit ISCC. Ini menunjukkan pelayanan Mutuagung sampai di level internasional bukan hanya dalam negeri,” ujarnya.  

ISCC merupakan salah satu sistem sertifikasi terkemuka untuk keberlanjutan dan emisi gas rumah kaca. Pada bulan Juli tahun 2011, Komisi Eropa diakui ISCC sebagai salah satu skema sertifikasi pertama untuk menunjukkan kepatuhan terhadap persyaratan Renewable Energy Directive’s (RED) di Uni Eropa. (Qayuum Amri)

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.