Musim Mas Tidak Pekerjakan Anak di Bawah Umur

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Musim Mas Grup mempublikasikan penilaian kepatuhan ketenagakerjaan independen pertama di industri sawit Indonesia. Penyusunan laporan ini menggandeng Verite, organisasi nirlaba terkemuka yang berfokus pada perbaikan kondisi kerja dan kinerja sosial dalam rantai pasokan global. Audit dilakukan di tiga pabrik dan delapan perkebunan Musim Mas di Kalimantan Tengah dan Riau.

Seperti dilansir dari situs perusahaan, penilaian ini bertujuan mengidentifikasi resiko tenaga kerja berdasarkan piagam POIG, prinsip dan standar RSPO, serta norma lain mengenai prinsip perlindungan Keselamatan Kesehatan Kerja. Verite terjun ke lapangan selama 9 hari untuk mewawancarai 123 pekerja non manajemen tanpa didampingi perwakilan Musim Mas.

Selain itu, kegiatan ini juga mengaudit dokumen ketenagakerjaan serta mewawancarai serikat pekerja dan koperasi petani.

Hasil temuan audit membagi tiga kategori yaitu pekerja dan Hak Asasi Manusia, kompensasi dan jam kerja, kesehatan dan keamanan kerja.

Ada temuan sejumlah praktek tenaga kerja yang baik dalam audit antara lain tidak ada pekerja anak, jaminan upah minimum sesuai ketentuan yang berlaku walaupun tidak mencapai target, pekerja melewati masa percobaan tiga bulan akan diangkat menjadi pekerja tetap berdasarkan regulasi, ada kebijakan baik untuk pekerja wanita yang tidak hamil, dan tidak ada penahan dokumen pekerja.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp