Menjadi Bagian Solusi Masalah Lingkungan Global

Pemanasan global (global warming) telah menjadi masalah dan perhatian bersama masyarakat internasional. Pemanasan global dan alah satu dampaknya yakni perubahan iklim global (global climate change) seperti pergeseran peta iklim secara global, anomali iklim, banjir, kekeringan, badai, naiknya permukaan laut dan lain-lain, telah menimbulkan kerugian besar dan bahkan telah mengancam berkelanjutan kehidupan di planet bumi.

Masalah pemanasan global, jelas merupakan masalah serius dan memerlukan solusi yang fundamental dan holistik. Mengingat masalah tersebut merupakan kemerosotan mutu ekosistem planet bumi, maka solusinya haruslah bersifat global. Setiap orang, setiap negara perlu menmpatkan diri untuk bagian dari solusi (problems solver). Untuk itu, diperlukan pemahaman yang sama, kesetaraaan dan objektif tentang penyebab masalah pemanasan global sehingga solusinya dapat ditemukan secara objektif pula.

Langkah awal dalam pencarian solusi masalah lingkungan global adalah secara objektif melihat penyebab terjadinya pemanasan global. Berbagai penelitian dan data-data yang disediakan lembaga internasional yang diakui kredibilitasnyasangat membantu masyarakat global. Untuk memahami penyebab terjadinya kemerosotan mutu lingkungan hidup global. Selanjutnya dapat merumuskan upaya-upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Cara dan sikap yang demikian merupakan hal yang mendasar sebagai bagian dari solusi atas masalah lingkunga global.

Sebaliknya, tradisi bersikap dan berpikir untuk mencari “kambing hitam” atau mengalihkan persoalan kepada pihak/negara lain tanpa dukungan fkta empiris yang dapat dipertangung jawabkan,  bukanlah bagian dari solusi melainkan bagian dari masalah (problem marker) dan mencipkan masalah baru. Pengalihan persoalan dengan cara membangun opini publik global dengan prinsip bahwa” kebohongan yang diulang-ulang jika diberitakan secara intensif dan luas maka  suatu sat akan diterima sebagai kebenaran” tidak akan membantu memecahkan masalah lingkungan global.

Sumber : Indonesia dan Perkebunan Kelapa Sawit Dalam Isu Lingkungan Global, GAPKI 2013

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp