Manajemen Korindo: Perusahaan Berkomitmen Membangun Papua

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Korindo Grup tetap berkomitmen untuk membangun perekonomian Papua. Hingga saat ini, perkebunan sawit Korindo mampu memberikan kesejahteraan bagi 30 ribu masyarakat sekitar.

Luwy Leonufna, Senior Manager Palm Oil Korindo, menceritakan perusahaan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan daerah di mana terdapat lokasi perkebunan Korindo. Tidak sekadar berbisnis sawit, perusahaan mengalokasikan lahan plasma sebesar 20% untuk masyarakat sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98/2013 mengenai tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan.

“Kami sudah mendirikan koperasi di sana dan membangun infrastruktur jalan. Perkebunan plasma sudah yang terbangun 20 persen sebagaimana aturan pemerintah. Plasma dibuat seperti aturan,” kata Luwy kepada SAWIT INDONESIA dalam wawancara di Jakarta.

Sebagai informasi, kehadiran Korindo membantu pemerintah setempat karena Papua telah membuatkan jembatan dan jalan sepanjang 500 km, menyediakan listrik 9 juta watt, sarana air bersih bagi 1.000 KK, mendirikan 18 fasilitas ibadah, serta 9 Klinik dan satu poliklinik, pengobatan gratis, posyandu dan penyuluhan kesehatan.

Dalam bidang lingkungan perusahaan juga memberikan pelatihan usaha melalui penanaman 150.600 pohon karet, 3.000 tanaman sagu bagi masyarakat Asli Papua, budi daya ayam potong dan ayam petelur, cetak batu merah, kebun plasma, koperasi, pembersihan sampah sungai dan lingkungan. Mengantisipasi kebakaran hutan disiapkan pula Tim Satgas Api Kebakaran Hutan bersama masyarakat dengan menggandeng Kepolisian dan TNI.

Di bidang program pendidikan,perusahaan telah menyerahkan beasiswa kepada 2.500 siswa dari SD -Universitas, pemenuhan fasilitas sekolah, pembangunan 20 gedung sekolah, 25 bus sekolah hingga menyiapkan honor bagi 179 guru-guru di daerah terpencil. Disamping menghadirkan program Balai Latihan Kerja bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Merauke maupun melalui program magang.

Yi Jong Myeong, Direktur Eksekutif Korindo Papua menjelaskan program CSR berjalan sesuai rutinitas agenda perusahaan sebagai bagian kepedulian perusahaan terhadapat masyarakat sekitar. Disamping itu dalam pengobatan gratis perusahaan memberikan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat supaya mengerti pola hidup sehat.

”Tenaga medis yang terlibat dalam kegiatan ini semua dari perusahaan seperti dokter, suster dan mantri. Tenaga dokter juga didukung Satgas Rider. Kegiatan lain adalah fogging dirumah-rumah warga di Desa Selil serta membagikan kelambu kepada masyarakat,” kata Yi Jong dalam keterangannya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.