Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XXXVI)

Selain mendapatkan benih dari dalam negri, pekebun juga bisa memperoleh benih unggul dari produsen di luar negri, sperti dari Malaysia, Costa Rica, Thailand. Namun pada kondisi tertentu, pemerintah bisa saja menetapkan kebijakan yang membatasi pemasukan benih sawit dari luar negri ke Indonesia. Hal ini dilakukan  khususnya stok dalam negri mencukupi atau berlebih. Sedangkan jika diperbolehkan pekebun harus mendapatkan terlebih dahulu izin pemasukan bahan tanam yang dikeluarkan langsung oleh Menteri Pertanian. Pada saat akan memasuki kewilayah indonesia akan mendapatkan perlakuan karantina.

Dapatkan dari Pewaralaba

Selain kecambah bahan tanam sawit juga bisa diperoleh dalam bentuk bibit. Umumya bibit yang dijual setelah berumur 12 bulan sehingga langsung bisa ditanam di kebun. Untuk mendapatkan bibit tidak serumit mendapatkan kecambah. Cukup membeli bibit bersertifikat.

Namun, pembeli bibit juga harus ekstra hati-hati, pasalnya saat ini banyak oknum yang menawarkan bibit yang diklaim bersertifikat. Salah seorang penjual bibit ilegal bahkan bisa menyebarkan informasi melalui internet jika dia menjual bibit sawit bersertifikat dan tidak bersertifikat, bibit bersertifikat harganya lebih mahal.

Apa Itu Waralaba Bibit Sawit

Produsen benih menyerahkan kecambah untuk dibibitkan oleh penerima waralaba mengikuti kaidah antara lain memiliki modal lahan, dan pengalaman dibidang pembibitan atau pertanaman sawit yang ditentukan oleh produsen benih.

Dengan adanya waralaba ini maka konsumen bisa mendapatkan bahan tanam unggul dari sumber benih dekat dengan lokasi pertanamannya dalam kondisi siap tanam. Kegiatan ini dapat sendiri dapat dikelola perorangan atau swasta.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp