Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XXXII)

Apalagi untuk mendapatkan benih unggul diperlukan pemahaman tata cara pemesanan benih sawit. Calaon konsumen benih tidak secara langsung dapat memesan kepada produsen benih melainkan harus terlebih dahulu memperoleh Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit (SP2BKS) dari Dinas Perkebunan atau Deroktorat jenderal Perkebunan. Selain itu, konsumen masih harus menunggu selama 9 bulan dari pemesanan kepada produsen benih hingga sampai ketangan konsumen.

Disamping modus diatas, di Sumatera Barat juga dijumapai uasaha penyebaran benih ilegal dengan memalsukan label sumber benih PPKS Medan. Kasus demikian pernah ditemui di Kabupaten Pasaman Brat.  Benih ilegal merupakan benih sawit yang tidak jelas asal usulnya (dan diproduksi dengan menyilangkan tanaman sawit jantan dan betina terpilih). Penggunaan benih ilegal dapat merugikan petani karena tanaman cenderung berbuah lebih lambat dan produktivitas rendah kurang dari 20 ton/Ha/Tahun.

Benih sawit unggul dapat diambil dari kebun produksi yang memiliki produktivitas tinggi

Benih sawit unggul hanya dapat diperoleh melalui persilangan dikebun indukan antara Dura dan Pisifira untuk menghasilkan Tenera (Sawit Hibrida). Dengan demikian, pada kebun produksi jenis tanamanya adalah Tenera. Namun, benih yang diambil dari kebun produksi adalah hasil perkawinan Tenera dengan Tenera dan kemungkinan akan menghasilkan tanaman Dura yang buahnya memiliki cangkang tebal dan dapat merusak mesin pengolah. Tanaman Pisifera yang buahnya tidak memiliki cangkang namun betinannya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah. Kedua jenis tanaman tersebut tentunya tidak menguntungkan bagi petani.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp