Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XXII)

Pohon sawit yang berasal dari kecambah yang tidak murni akan berbuah agak lambat (± 48 bulan). Sedangkan kelapa sawit unggul umurnya 36 bulan sudah berbuah. Bahkan di beberapa daerah perkebunan sawit yang mengunakan benih ilegal belum berbuah meskipun sudah ditanam dari 6 tahun.

Hal tersebut juga dapat dilihat dari perbedaan tingkat produktivitas tanam pada atahun ke 3 sampai 25, puncak produktivitas sawit dicapai pada tahun  ke 7 sampai ke 11, dimana untuk benih unggul puncak produktivitas dapat mencapai 31 ton TBS/Ha/Tahun sedang benih ilegal hanya 15,5 ton TBS/Ha/Tahun.

Kondisi diatas tentunya bakal berdampak terhadap keuntungan ekonomi. Berdasarkan analisis yang dilakukan PPKS Medan terhadap kriteria kelayakan usaha, nilai NPV pada pertanaman yang mengunakan benih unggul mencapai 12,5 juta. Sedangkan penggunaan benih palsu nilai NPV-nya negatif. Sebuah usaha dikatan menguntungkan jika nilai NPV-nya > 0. Disamping itu, dapat dilihat pula dari pengunaan benih bermutu akan mengalami payback periode hanya dalam jangka waktu 7 tahun. Sedangkan benih ilegal sama sekali tidak mencapai payback periode hingga akhir umur produktif.

Belum lagi, proses pengolahan TBS dari kebun yang mengunakan benih sawit ilegal menjadi tidak efisien akibat tingginya presentase buah dalam cangkang tebal (Dura). Sedangkan, pabrik pengolahan didesain untuk kulit cangkang tipis (Tenera). Ketidak efisienan ini disebabkan beragamnya jenis buah dengan ketebalan mesocarp yang berbeda. Ketebalan cangkang yang berbeda mengakibatkan pemanasan biji tidak merata dan hasil proses bantingan (cracker) tidak sempurna dan pemasangan kernel dengan cangkang juga tidak sempurna. Rendemen CPO rendah dibawah 20 persen karena tercampur dengan  buah Dura yang rendemenya rendah, yaitu 18-19,5 persen.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp