Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XXI)

Benih Sawit Unggul vs Benih Sawit Ilegal

Mengapa kita perlu berhati-hati memilih dan mengunakan benih sawit? Alasannya jelas! Kualitas benih akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas tanaman. Hanya saja banyak paekebun yang belum menyadari seberapa seriusnya dampak dari pengunaan bibit ilegal.

Perbandingan Benih Sawit Unggul denagn yang Ilegal

Adapaun yang dimaksud dengan benih ilegal adalah bahan tanam yang tidak dihasilkan dari proses pemuliaan melainkan dari kebun-kebun produksi. Perlu diketahui bahwa seluruh benih yang beredar secara komersial adalah jenis hibrida yang bisa disebut Tenera. Tenera merupakan persilangan pohon induk terpilih Dura (betina) dengan Pisifera (jantan). Sedangkan pada benih ilegal umumnya terdapat kontaminasi Dura atau Pesifera sehingga tidak layak digunakan secara komersial.

Mengapa Tenera yang digunakan untuk kepentingan komersial? Hal tersebut karena jenis ini memiliki produktivitas rendemen tinggi serta pengelolaanya tidak merusak mesin. Sebaliknya untuk jenis Dura dan Pesifera, produktivitasnya rendah, rendemen 16 persen, serta tidak dapat dimanfaatkan karena cangkang tidak dapat dipecahkan dan dapat merusak mesin pabrik.

Berdasarkan hasil penelitian Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, pengunaan benih sawit palsu mengakibatkan penurunan produktivitas hingga 50 persen dari potensi oktimal yang dapat dicapai jika mengunakan benih unggul.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp