Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XLIV)

Sebelum kelokasi, sebaiknya benih juga mendapatkan pemeriksaan ulang oleh Balai Besar Pembenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan atau balai yang menangani pembenihan dilokasi dimana produsen benih berada. Dari hasil pemeriksaan tersebut, intitusi yang bersangkutana akan mengeluarkan Surat Pemeriksaan Ulang (SPU) benih kelapa sawit.

Selain perlu mendapatkan SPU dari intitusi benih, konsumen juga perlu mendapatkan surat dari karan tina tumbuhan di provinsi dimana sumber benih ada. Apabila pengiriman melewati bandar udara atau pelabuhan benih akan tertahan oleh petugas karantina setempat jika tidak dilengkapi surat karantina dari daerah asal benih.

Mendapatkan bibit

Pemesanan bibit prosedurnya lebih sederhana dibandingkan pemesanan kecambah. Hanya saja calon konsumen harus benar-benar meneliti jika penjual bibit adalah pewaralaba dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan atau PT. Bakti Tani Nusantara.

Salah satu indikatornya adalah bukti tertulis yang menyebutkan “Pewaralaba dengan PPKS atau BTN”. Tanpa adanya bukti tertulis di tempat pembibitan maka konsumen perlu mempertanyakan langsung ke PPKS atau ke PT. Bakti Tani Nusantara lokasi penangkaran yang memiliki kerjasama dengan produsen tersebut.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp