Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XLII)

Konsumen petani sawit dengan kriteria pemesanan kurang dari 5.000 kecambah, beberapa produsen benih menetapkan perlakuan khususn dengan memberi kan potongan harga. Disamping itu, produsen benih telah mengalokasikan 30 prersen produksinya untuk petani. Oleh karena itu, ketika permintaan tinggi produsen benih tetap menyediakan kuota bagi petani.

Pemesanan Kecambah Luasan di Atas 25 Ha

Untuk pemesanan benih lebih dari 5.000 kecambah maka konsumen harus terlebih dahulu mendapatkan Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit (SP2BKS). Surat ini dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Perkebunan, dinas yang menangani perkebunan provinsi atau dinas yang menangani perkebunan dikabupaten, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Untuk usaha perkebunan besar yang memiliki luas lahan lebih dari 1.000 Ha, SP2BKS dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan.
  2. Untuk usaha perkebunan besar skala menengah yang memiliki luasan 200 Ha sampai 1.000 Ha atau menyediakan benih untuk proyek APBD I atau intansi pemerintah lainnya di tingkat produksi. SP2BKS diterbitkan oleh dinas yang menangani perkebunan provinsi.
  3. Untuk usaha perkebunan skala kecil yang memiliki luasan 25 Ha samapai 200 Ha atau penyediaan benih untuk proyek APBD II, Koperasi, Kelaompaok Tani, dan swadaya masyarakat SP2BKS diterbitkan oleh dinas yang menangani perkebunan di Provinsi.

Adapun untuk bisa mendapatkan SP2BKS, pihak pemohon atau konsumen harus terlebih dahulu mengirimkan Surat Permohonan Permintaan Penyediaan (SP3BKS). Pada formulir ini dijelaskan oleh pemohon tentang kebutuhan benih, asal produsen yang diingginkan, status dan legalitas lahan, dan aktivitas pembukaan lahan.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp