Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XII)

Bertambahnya jumlah benih yang diproduksi oleh para produsen dalam negri dapat menekan jumlah benih impor. Bertambahnya jumlah benih yang diproduksi oleh produsen domestik sejak tahun 2003 berhasil mengurangi jumlah benih impor kecuali tahun 2008 pada saat terjadi lonjatan permintaan benih secara drastis. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bertambahnya produsen benih dalam negri dapat meningkatkan pendapatan dalam negri dan sekaligus menghemat devisa negara.

Konsumsi Benih Unggul Sawit

Pertumbuhan permintaan benih sangat erat kaitannya dengan pertambahan lahan yang dipicu oleh peningkatan harga minyak sawit yang sangat pesat pada tahun 2004/2005 dan tahun 2007/2008 dan peremajaan tanaman (replanting).

Perilaku Konsumen dalam Membeli Benih Sawit

Konsumen benih juga memiliki preferensi dalam membeli benih. Pada dasarnya setiap pekebun mengharapkan bisa memperoleh bahan tanam sawit unggul. Namun, dalam keputusannya cenderung baervariasi karena dipengaruhi oleh informasi yang dimiliki dan persepsi terhadap lebel yang dimiliki produsen benih.

Mengenai sumber informasi pembelian benih, umumnya konsumen benih menjadikan informasi dari rekan/kenalan atau keluarga sebagai sumberyang palinh di percaya, menyusul kemudian sumber dari seminar atau pameran pertanian. Menariknya televisi/media cetak, internet dan sumber lainnya bukan merupakan sumber informasi yang efektif mendorong petani untuk memebeli benih untuk jenis tertentu.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp