Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian XCIII)

Bagaimana baiknya saya mengirimkan surat permohonan tertulis beserta lampirannya produsen benih?

Tentu anda bisa mengirimkannya lewat pos atau jika ingin lebih cepat lewat faximile atau diantar langsung. Jika mengantar langsung anda perlu juga berhati-hati karena ada saja oknum yang menunggu didepan pintu masuk menawarkan bantuan seolah-oalh ia adalah orang dalam yang membantu anda mendapatkan benih lewat jalur belakang. Ada juga sejumlah calon konsumen benih yang ditipu dengan modus demikian. Sebaiknya gunakan jalur resmi atau serahkan surat permohonan anda melalui loket yang ditentukan.

Apakah mungkin dengan membawa surat permohonan langsung, saya bisa mendaptkan benih pada hari itu juga?

Mungkin saja, dengan catatan permintaan anda tidak terlalu besar dan pada saat anda datang ke produsen benih stok tersedia.

Dimana saya bisa mendapatkan produsen informasi yang akurat soal pembenihan sawit melalui internet?

Salah satu situs yang saya rekomendasikan milik Direktorat Pembenihan dan Sarana Produksi Direktorat Jenderal Perkebunan http://ditjenbun.deptan.go.id/perbenpro/, situs-situs milik produsen benih yang anda dapatkan alamatnya melalui google, seperti www.iopri.org milik PPKS Medan, www.socfindo.co.id milik PT. Socfindo, atau juga bisa mengunjungi situs-situs milik dinas perkebunan di provinsi pengembangan kelapa sawit. Disamping itu saya juga merekomendasikan salah satu blog yang memuat banyak informasi tentang pembenihan yakni www.pengawasbenihtanaman.blogspot.com.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp