Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXXVIII)

Mengapa varietas asal salah satu produsen benih yang saya beli hasilnya tidak sebagus varietas unggul. Asal produsen benih lain yang oleh pekebun tetangga saya? Pada hal kata kawan saya didaerah lain produksinya cukup baik, mengapa ditempat saya tidak sebagus yang dikatakan teman saya? Apakah ia berbohong?

Tentu tidak. Masing-masing varietas memiliki kebutuhan tertentu agar bisa mencapai potensi optimalnya. Setiapvarietas memiliki syarat kondisi lahan, nutrisi, dan iklim yang ideal. Bisa saja ditempat anda menanam, sebuah varietas tidak mendapatkan kondisi terbaiknya sehingga potensinya tidak optimal. Oleh sebab itu, sebelum membeli benih sebaiknya mencermati ciri-cirinya. Jika perlu, sebelum membeli tanyakan kepada produsen benih varietas mana yang cocok dengan kondisi lahan anda.

Mengapa dibrosur salah satu produsen benih dikatakan potensi produksi bisa mencapai 30 ton? Mengapa secara nyata dilapangan yang pernah saya lihat tidak sampai segitu?

Potensi produksi bisa diartikan tingkat produksi yang bisa dicapai oleh sebuah varietas. Hasil ini bukan diperoleh dengan estimasi melainkan dari hasil penelitian di lapangan. Jadi, hasil itu mungkin tercapai. Hanya saja ketika ditanam oleh pekebun perlakuannya tidak sebaik ketika ditanam dikebun percobaan. Tentu tidak masuk akal, sawit tetap produksi tinggi meski pekebun tidak pernah atau jarang melakukan pemupukan atau ditaman dilahan yang terkadang tergenang air. Jika ingin mencapai potensi produksi seperti yang disebutkan di brosur maka lakukanlah pemeliharaan secara tepat.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp