Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXXVI)

Pertanyaan Sekitar Pembenihan

Dibawah ini sejumlah pernyataan dari perkebunan sawit kepada penulis yang menarik untuk disimak.

Mengapa benih rekan saya, walaupun dibeli dari jalur belakang (tidak jelas asal usulnya) tapi tetap berbuah?

Pengunaan benih ilegal yang tidak jelas asal usulnya memang bisa saja menghasilkan tanaman yang akan berbuah. Hanya saja dipastikan produksi jauh lebih rendah dari tanaman yang berasal dari benih unggul. Ironisnya seringkali banyak petani yang terlanjur menggunakan benih ilegal merasa senang melihat tanaman sudah berbuah. Padahal ia tidak menyadari bahwa potensi yang bisa diraih sebenarnya jauh dari yang bisa didapatkan jika mengunakan benih unggul.

Ada ornag yang menawarkan saya benih Costa Rica. Katanya benih unggul. Akan tetapi saya ragu, apakah ini legal walaupun dari brosur yang diberikan sepertinya bahan tanaman itu cukup menjanjikan?

Prinsip dasar yang perlu anda ketahui bahwa ijin impor diberikan oleh pemerintah untuk pengguna sendiri. Artinya, tidak ada ijin yang dikeluarkan untuk mengimpor benih dari luar negri untuk kemudian diperjual belikan. Namun, jika ada orang yang menawarkan Costa Rica dan menunjukan bukti-bukti yang meyakinkan, jawabannya sedarhana, tentu setiap pedagang ingin barang dagangannya laku. Ia kan berusaha meyakinkan calon koncumennya dengan bukti-bukti yang meyakinkan. Jika benih Costa Rica tiba-tiba ditawarkan kepada anda, padahal pemerintah tidak pernah memberikan ijin masuk benih luar negri untuk diperjualbelikan, silakan jawab sendiri label yang tepat untuk benih tersebut.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp