Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXXIV)

Penanaman di Pembibitan

Pembibitan harus sudah disiapkan dua minggu sebelum kecambah tiba ke lokasi. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah polybag sebagai tempat pembibitan. Untuk pembibitana awal, ukuran polybag yang digunakan 14×22 cm dan tebal 0,01 cm. Bagian bawah polybag diberi lubang untuk porforasi sebanyak 12 buah dengan dimeter 0,5 cm pada ketinggian 10 cm dibawah polybag.

Mediatanam yang digunakan adalah tanah bagian atas (top soil) yang merupakan bagian tanah pada ketebalan 10 – 20 cm (diambil diarel pertanaman). Tanah yang digunakan harus memiliki struktur yang baik, gembur serta bebas dari hama pernyakit. Bila tanah yang digunakan kurang gembur dapat dicampur dengan perbandingan 3 : 1 (tanah : pasir). Tanah ini sebisa mungkin terbebas dari partikel kasar seperti sisa kayu, batu, dan bahan-bahan lainnya.

Tanah kemudian diisikan kedalam polybag dengan menyisakan 2-3 cm dari bagian atas polybag sebagai tempat pelaksanaan pemupukan, dan aplikasi lainnya. Bagian dasar dedengan dibuat lebih tinggi dari permukaan. Gunakan naungan untuk mencegah masuknya sinar matahari langsung dan menghindari terbongkarnya tanah akibat hujan.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp