Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXXII)

Hal ini pula yang menjadi perhatian beliau untuk mengembangkan pupuk organik (kotoran Sapi) yang dibantu pengurainnya dengan probiotik. Setiap bulan Reza selalu menerima kiriman pupuk organik tersebut dari perternakan di Tapos, untuk memupuk pohon-pohon induk muda yang sedang tumbuh subur.

Sayangnya, beliau telah berpulang ke hadapan Tuhan YME, tepatnya pada tahun 2008 yang lalu akibat sejumlah komplikasi pernyakit yang lama dideritannya. Sehingga kebun induk tersebut kehilangan perhatian dari seorang yang sangat concern dengan kemajuan pertanian di Indonesia.

Namun, jika kelak Mekarsari ditetapkan menjadi salah satu produsen benih sawit, melalui PT. Sasaran Ehsan Mekarsari, maka terwujud pulalah cita-cita “Sang Bapak Pembangunan” bahwa kebun ini kelak bakal mensuplai benih bagi masyarakat banyak, meskipun beliau tidak lagi bisa menyaksikan keberhasilan tersebut.

Saat ini, kebun induk tersebut dikelola langsung oleh Siti Hatami Endang Adiningsih, yang lebih dikenal dengan Mabk Mamiek, yang tak lain adalah putri bungsu Pak. Harto yang memiliki latar belakang pendidikan pertanian, Alumsus Institut Pertanian Bogor jurusan Statisik.

Dengan ditetapkanya Mekarsari sebagai produsen benih, maka masyarakat akan sangat terbantu dalam mendapatkan benih sawit yang unggul bermutu. Sehingga pengunaan benih palsu dapat diminimalisir, yang akhirnya mendorong peningkatan produksi sawit nasional yang berarti juga peningkatan kesejahteraan petani dan masyarakat. Dan Pak. Harto memiliki andil dibaliknya.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp