Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXXI)

Induk dari DxP Sriwijaya berasal dari ASD Costa Rica sehingga memiliki kemiripan sifat dengan benih yang berasal dari negara di Amerika Selatan itu. Jika saat ini banyak iklan tentang benih unggul Costa Rica sering kali tidak jelas asal usulnya. Konsumen bisa mendapatkan yang lebih jelsa yakni DxP Sriwijaya 6 yang materi indukanya juga berasal dari Costa Rica.

  1. Bakti Tani Nusantara
  2. Bakti Tani Nusantara merupakan produsen benih termuda di Indonesia. Pasalnya produsen benih ini baru ditetapkan sebagai produsen benih sejak tahun 2008 dan satu-satunya produsen benih yang berada di Kepulauan Riau. Produsen ini berbeda dengan produsen benih lainnya yang mengelompok di Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Riau. Pembangunan kebun induk diawali dari introduksi Dura Socfin dan Tenera/Pisifera AVROS, La Me dan Binga dari Malaysia pada tahun 1996 ditanam di Pulau Kundur dan Pulau Buru, Tanjung Bali Karimun, Kepri.

Produsen benih ini sendiri memiliki kantor pemasaran di Batam, Kepulauan Riau. Adapun varietas yang ditawarkan berjenis TN1 yang memiliki keunggulan andal ditanah dan lahan marginal. Pada tahun 2009, PT. Bakti Tani Nusantara tercatat memiliki potensi produksi benih hingga 8 juta kecambah dengan target produksi 8 juta kecambah.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp