Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXVIII)

Tanaman jenis Dami Mas ini dapat mencapai tinggi 15 sampai 16 meter pada umur 25 tahun dengan percepatan pertumbuhan 20 sampai 85 Cm/tahun. Tidak heran jika varietas ini cukup diminatai pekebun sawit dan telah digunakan secara luas diberbagai wilayah pengembangan sawit. Bahkan, seorang pengembang swit dikawasan Papua yang menanam varietas dari beberapa produsen benih mengakui jika varietas Dami Mas memiliki kualitas yang sangat memuaskan.

“Rasanya belum lama saya menanam, kok hasilnya seperti tanaman yang sudah cukup tua”, demikian dia menuturkan kekagumannya. Varietas ini dihasilkan tidak lepas dari tangan dingin para breeder-nya. Tim pemulia tanaman melakukan penelitian secara tekun lebih 5 tahun di lima lokasi untuk menguji kostitensi hasil varietas yang dihasilkan sebelum kemudian diusulkan untuk dilepas kepasar.

Terbukti keunggulan varietas  Dami tersebut membuat varietas tersebut dikukuhkan sebagai salah satu benih bina oleh Menteri Pertanian pada tahun 2003. Dengan demikian, benih ini layak digunakan sebagai bahan tanaman komersial. Pada tahun 2010 ini, PT. Dami Mas Sejahtera telah mencanagkan produksi kecamabh sawit sebesar 20 juta kecambah. Dengan harapan agar masyarakat luas bisa menikmati keunggulannya, benih varietas ini dijual dengan harga Rp. 9.000,00/biji.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp