Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXVI)

  1. Dami Mas Sejahtera

Produsen benih ini merupakan group bisnis dari Sinar Mas yang memiliki kebun induk dan kantor pemasaran di provinsi Riau. Diawali dari kerjasama dengan Dami Oil Palm Research statioan (DOPRS) dengan melakukan pengujian Projeni di PNG dan Indonesia. Pada tahun 1997, 89 persilangan DD dan 22 persilangan TxP diitroduksi dari DOPRS ditanam di kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar,  Dura Deli dan  Tenera/Pisifera AVROS merupakan hasil seleksi DOPRS tahun 1987.

Dari aktivitas pembangunan kebun induk dan pemilihan induk terpilih maka pada tahun 2003 resmi ditetapkan sebagai salah satu produsen benih sawit dengan varietas DxP Dami Mas yang ditetapkan sebagai benih bina pada tahun yang sama. PT. Dami Mas Sejahtera pada tahun 2009 memiliki potensi produksi benih hingga 24 juta namun target produksi 9 ton kecambah.

Adapun keunggulan yang ditonjolkan dari varietasnya adalah umur panen lebih cepat dan rendemen ekstraksi minyak yang cukup tinggi. Untuk menjamin mutu benih yang diproduksi, PT. Dami Mas Sejahtera telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 900 : 2008 sejak tahun 2003 dan Baracode Management System sejak tahun 2006. Jaminan mutu ini dilakukan mulai dari seleksi pohon tetua, pengambilan serbuk sari (pollen), penyerbukan (pollination) hingga penjualan benih. Tujuannya untuk memastikan setiap benih yang dihasilkan mampu ditelusuri dan dijamin mutunya. Sejak tahun 2009, PT. Dami Mas Sejahtera mulai menerapkan Seed Printing System dimana pada setiap biji benih dicetak tulisan “DMSE” sebagai bukti biji benih tersebut baeradal dari PT. Dami Mas Sejahtera.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp