Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LXII)

  1. Tunggal Yunus

Sumber benih ini merupakan group salah satu usaha dari PT. Asian Agri yang memiliki kebun produksi dan kantor pemasaran di Medan dan Pekanbaru. Produsen ini merupakan salah satu produsen benih yang sejak awal memasarkan benih untuk lahan Gambut.

Tunggal Yunus ditetapkan sebagai produsen benih sejak tahun 2004. Kebun benih kelapa sawit “Oil Palm Research Station (OPRS)” Topaz-Riau telah mulai dirintis sejak tahun 1992 dengan seleksi dan persilangan pohon induk di Costa Rica. Selanjutnya, pohon induk yang dihasilkan ditanam dikebun Topaz pada tahun 1995 sejumlah lebih dari 23.000 pohon Dura Deli dan Lebih 2.000 Pisifera dari 36 Projeni TxP dan 36 klon Pisifera. Pada tahun 2009, tercatat kapasitas produksi PT. Tunggal Yunus mencapai 14 juta ton dengan target produksi 14 juta ton.

Asian Agri mengunakan tetua Dura terseleksidari Costa Rica sejumlah 228 keturunan Inbred Line Dura Deli (DxD) yang berasal dari lembaga riset ternama seperti MARDI Serdang (Malaysia), OPRS Banting (Malaysia), OPRS Dami (Papua NewhGuinea), Stasiun Riset Chemara (Malaysia), Socfin Johor Labis (Malaysia), dan San Alejo (Honduras). Tetua Pisifera terseleksi sejumlah 50 keturunan yang berasal dari AVROS (H&C Malaysia), AVROS Dami, Ekona, Ghana, Nigeria, La Me, dan Yangambi.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp