Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LX)

Hebatnya Varietas Socfindo

Menarik memang, ketika calon pembeli kebun di Indonesia berusaha mendapatkan benih Costa Rica asal Amerika Selatan (Costa Rica), ternyata PT. Socfindo mengekspor benih kewilayah Amerika Selatan tepatnya ke Colombia. Hal ini cukup aneh tentunya, perkebunan dari negara Amerika Latin tersebut jauh-jauh membeli benih dari Indonesia. Pada hal di negara tetangganya Costa Rica juga terdapat sumber benih.

Hal ini dipastikan terkait kualitas bahan tanaman milik PT. Socfindo. Namun, sperti apakah keunggulan varietas milik PT. Socfindo tersebut? Dari bahan tanaman asal Socfindo diperoleh dengan memproduksi rata-rata hingga 30 ton TBS/Ha/tahun dengan produksi optimal 40 ton TBS/Ha/tahaun. Menariknya rendemen minyak dari sawit Socfindo bisa mencapai 25 persen dengan produksi rata-rata CPO mencapai 7 ton CPO/Ha/tahun. Barang kali ini menjadi alasan mengapa kebun asal di Amerika Selatan tersebut berminat membeli benih asal PT. Socfindo.

Pada tahun 2009 yang lalu tercatat PT. Socfindo mengekspor sebesar 3,4 juta kecambah, dua juta kecambah dikirim ke Colombia dan sisanya kebeberapa negara di Afrika yang masih perusahaan group PT. Socfindo sendiri. Socfindo menawarkan 2 jenis varietas unggul yakni DxP Unggul Socfindo (L) dan DxP Unggul Socfindo (Y), kedua jenis tersebut telah ditetapkan sebagai benih bina.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp