Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LVIII)

Dua Varietas Kelapa Sawit Sejuta Umat

Tidak semua varietas sawit milik produsen benih cukup dikenal dimata pekebun sawit. Mungkin tidak banyak yang menyadari jika saat ini Indonesia telah memiliki 33 jenis kelapa sawit yang tersebar di 8 produsen benih.

Namun, ada 2 jenis varietas yang cukup populer, bahkan lebih dikenal dari produsen itu sendiri, yakni jenis Marihat dan Socfindo untuk jenis Mrihat cukup menarik. Banyak calon pekebun sawit yang mengenal nama varietas tersebut tetapi tidak mengetahui bahwa produsennya adalah Pusat penelitian Kelapa Sawit Medan. Sedangkan jenis Socfindo karena namanya sama dengan nama produsennya calon konsumen benh langsung mengetahui jika produsennya adalah PT. Socfindo.

Mengapa kedua varietas ini menjadi benih sejuta umat? Selain sudah lama ditetapkan sebagai benih bina yakni sejak tahun 1985 utuk varietas Marihat dan Socfindo jenis Lame tahun 2004, juga tidak lepas dari keunggulannya.

Berdasarkan data dari PPKS Medan varietas marihat memiliki potensi produksi 12 tandan per tahun dengan berat tandan 17 kg untuk setiap pohon. Dengan potensi minyak 6,7 ton/Ha/tahun. Menariknya tanaman ini sudah berbuah sejak umur 14-18 bulan dan sudah dapat dipanen umur 30 bulan.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp