Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LVI)

Varietas ini cukup menguntungkan bagi industri pengolahan TBS karena produksi minyaknya cukup tinggi. Disamping itu, ketebalan cangkang juga lebih besar dari varietas DxP PPKS 540 yang sudah dikenal menghasilkan CPO yang cukup tinggi yang kemudian PKOnya digunakan sebagai bahan bakar dipabrik.

Hal yang cukup unik lainnya dari varietas ini, embrionya ada yang memiliki 2 atau 3 ruang. Menariknya, masing-masing ruang memiliki embrio tersendiri atau dapat menumbuhkan tunas tersendiri. Barang kali ini adalah salah satu keanehan yang tidak dijumpai pada varietas lainnya yang ada di Indonesia.

Untuk penanaman, Varietas ini dianjurkan ditanam dengan kerapatan 136 pohon per hektar. Mengenai ketahanan terhadap organisme dan kecaman lingkungan, selama pengujian dilapangan yang dilakukan oleh PPKS ternyata tidak ditemui serangan hama dan pernyakit yang berarti. Selain itu, tidak ditemukan gejala kerusakan akibat cekaman lingkungan.

DxP PPKS 239 merupakan varietas unggul terbaru dari PPKS dan disebut generasi ke dua. Varietas ini baru saja dinyatakan lulus pada sidang pelepasan varietas pada 23 April 2010 yang lalu. Rencananya akan mulai dipasarkan pada pertengahan tahun 2011 dengan target produksi 1.000.000 kecambah. Benih ini dapat dipesan di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan dengan mengikuti ketentuan pemesanan yang berlaku.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp