Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian LIII)

Produsen Benih Sawit di Indonesia

Sebagainama sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di Indonesia terdapat 9 produsen benihsawit. Saat ini tersedia hampir 34 jenis sawit. Artinya, konsumen benih memiliki banyak pilihan ketika akan mendapatkan bahan tanaman yang unggul. Pertimbangan konsumen dalam pemilihan benih pada umumnya didasari ketersediaan dana mengingat harga binih cukup bervariasi. Ketika buku ini ditulis benih termurah adalah Rp. 6.000,00 dan termahal $ 1,2. Namun, ada juga konsumen yang sudah begitu fanatik dengan merek/atribut tertentu. Banyak konsumen benih yang hanya inggin membeli jenis Merihat atau Socfindo. Ada juga ynag didasarkan pada kebutuhan tertentu, misalnya mencari bahan tanam dilahan gambut atau dilahan kering.

Namun, seluruh benih yang resmi beredar di Indonesia dapat dipertangungjawabkan kualitasnya. Mengingat untuk dapat dilepas, varietas tersebut harus melewati pengujian selama bertahun-tahun untuk mengetahui tingkat produktivitasnya. Umumnya varietas yang dilepas memiliki potensi diatas 25 ton/Ha/tahun serta memiliki keunggulan seperti tahan kekeringan, memiliki kandungan CPO yang tinggi dan sebagainya.

Dr. Razak Purba, breeder senior di Indonesia, pada berbagai seminar mengungkapkan bahwa tidak terlalu banyak perbedaan kualitas dari bahan tanam yang beredar di Indonesia. Bahkan ia juga menyarankan agar pekebun menanam berbagai jenis varietas dalam satu kebun. Pertimbangannya agar kelemahan varietas yang satu bisa ditutupi varietas lainnya khususnya dalam hal ketahanan hama dan pernyakit. Dengan demikian jika terjadi serangan organisme pengganggu tanaman, saat satu varietas mengalami kerusakan tetapi varietas lain yang lebih tahan masih tetap menghasilakan.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp