Kunci Sukses Mendapatkan Benih Sawit Unggul Investasi Yang Sering Terlupakan (Bagian IV)

Ketika buku ini ditulis, untuk mendapatkan benih tidaklah sesulit saat terjadinya demam sawit sebelum terjadinya krisis perekonomian global pada tahun 2009. Saat itu, benih langka karean permintan melampaui pketersediaan benih dalam negri. Bahkan, ada calon pembeli yang harus menunggu hingga tahun sebelum benihnya bisa diperoleh. Walaupun dalam kondisi demikan, pekebun masih lebuh baik menunggu dari pada mencoba mencari bahan tanam dari sumber-sumber yang tidak jelas. Jika hal itu dicoba maka akan mendatangkan kerugian.

Oleh sebab itu, tidak hanya membeli lahan sawit saja yang perlu perencanaan tetapi juga saat membeli benih. Pekebun sebaiknya sudah mempersiapkan dana yang cukupi untuk mendapatkan benih unggul bermutu. Pekebun juga harus merencanakan dengan baik kapan benih itu dipesan, kemana memesannya, dan kapan direalisasikan.

Karena Benih Ilegal Untung Melayang

Secara umum, petani sawit di Sumatera Utara dapat tersenyum puas karena harga jual Tandan Buah Segar (TBS) bisa mencapai Rp. 1.200,00. Hanya saja, terdapat sejumlah petani yang harus mengelus dada karean keuntungannya yang bisa diraih seharusnya lebih besar jika benih yang ditanam adalah benih unggul.

Sumber: Hendra Halomoan Sipayung, Tony Liwang

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp