Kementerian Pertanian Lelang 5 Jabatan Eselon I, Termasuk Dirjen Perkebunan

JAKARTA, SAWIT INDONESIAKementerian Pertanian memperpanjang seleksi terbuka untuk 5 jabatan setingkat eselon I. Seleksi ini dilakukan bagi 5 posisi yaitu Dirjen Perkebunan, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kepala Badan Karantina Pertanian, dan Staf Ahli Menteri Bidang Lingkungan Hidup.

Ketika informasi lelang jabatan ini dikonformasi kepada Syukur Iwantoro, Sekjen Kementerian Pertanian. Syukur meminta untuk melihat di situs Kementerian Pertanian. “Silakan cek di website Kementan atau tanya Karo Kepegawaian,”ujarnya kepada redaksi sawitindonesia.com, Jumat (28 September 2018).

Berdasarkan dokumen yang diunduh dalam website Kementerian Pertanian, ada surat resmi pengumuman bernomor 4360/KP.290/A/09/2018 mengenai Perpanjangan Pendaftaran Seleksi Terbuka Dan Kompetitif Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Pertanian Tahun 2018. Dalam surat ini disebutkan Seleksi ini untuk mengisi posisi Dirjen Perkebunan, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kepala Badan Karantina Pertanian, dan Staf Ahli Menteri Bidang Lingkungan Hidup.

H.Bambang, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, mengakui adanya lelang jabatan termasuk posisi Dirjen Perkebunan. “Seleksi ini wewenang pimpinan (Mentan). Mungkin pimpinan punya pertimbangan, ada yang lebih baik. Rencana saya akan pensiun saja,” kata Bambang dalam sambungan telepon.

Kendati demikian, Bambang menyatakan selama masa kepemimpinannya sudah banyak kontribusi dan perbaikan yang dijalankan seperti sistem perizinan usaha perkebunan, pengumpulan data, dan peningkatan ekspor perkebunan. “Bagi saya, jabatan ini merupakan bagian pengabdian kepada negara. Karena tidak mudah mengelola sektor perkebunan ini,” tambahnya.

Syarat peserta seleksi antara lain PNS sekurang-kurangnya berpangkat/golongan ruang Pembina Utama Muda (IV/c), sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.a) atau Jabatan Fungsional dengan jenjang Ahli Utama dengan pangkat/golongan ruang Pembina Utama Madya (IV/d) paling singkat 2 (dua) tahun. Selain itu, syarat lain adalah pendidikan paling rendah S-1, diutamakan strata 2 (S-2) atau strata 3 (S-3); 4. Kemudian, diutamakan telah lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat I atau Diklat Kepemimpinan Tingkat II.

Prose seleksi ini akan dimulai dari periode 27 September-15 Oktober 2018 untuk pengumuman secara online. Setelah itu proses seleksi akan dimulai dari 17 Oktober hingga 3 November 2018 . Seleksi terbagi atas tahap pertama berkaitan Administrasi dan Penelusuran Rekam Jejak Jabatan, Integritas, dan Moralitas.

Tahap kedua mengenai assement center. Lalu tahap ketiga untuk presentasi dan wawancara. Pengumum hasil seleksi dilakukan di website resmi Kementerian Pertanian pada 8 November 2018.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp