Kebijakan Nasional dalam Industri Sawit Menuju Ekonomi Indonesia pada Urutan 10 Besar Dunia (Bagian III)

Setelah Indonesia menjadi raja CPO dipasar dunia sejak tahun 2006, maka diperlukan studi lebih lanjut GDP Indonesia juga secara signifikan meningkat pada level yang semakin tinggi. Terdapat sejumlah hambatan yang saat ini dikembangkan untuk menahan laju perkembangan ekonomi Indonesia, seperti tekanan Uni Eropa dala satu dekade terakhir, yang melahirkan kebijakan lebeling Palm Oil Free (POF), serta adanya resolusi sawit oleh Parlemen Eropa. Juga sejumlah masukan dari para pengiat lingkungan (environmentalist) dengan berbagai isu.

Secara positif, masukan tersebut juga diperlukan untuk membantu industri kelapa sawit Indonesia, bertumbauh secara berkelanjutan (sustainable). Disamping itu , juga secara berbareangan muncul sejumlah opini negatif yang dibangun hingga dalam bentuk negative black campign.

Dalam kepentingan pembangunan bangsa Indonesia, diperlukan sudut pandang yang lebih luas dan bijak sana agar lebih terdorong pada tujuan yang lebih besar untuk mensejahterakan bangsa Indonesia, bahkan sangat diperlukan National Policy yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju, atau paling tidak dalam 10 besar dunia.

Sumber : GAPKI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp