Jelang Asian Games, Sinarmas Gelar Apel Siaga Karhutla di Ketapang

NANGA TAYAP, SAWIT INDONESIA Perkebunan Sawit Sinarmas Agribusiness and Food wilayah Kalimantan Barat mendukung pelaksanaan Asian Games dari 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Dukungan ini diwujudkan dengan melakukan apel siaga terpadu pencegahan kebakaran lahan, kebun, dan hutan di PT Agrolestari Mandiri, Kecamatan Nanga Tayap, Kalimantan Barat, Minggu (22 Juli 2018).

“Saya minta yang bermain api tolong diingatkan dan diberitahu jika tidak mau mendengar laporkan kepada pihak berwajib. Kami ingin tidak ada api karena Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games,” kata Susanto Yang, CEO Sinarmas Agribusiness and Food Wilayah Kalimantan Barat, dalam arahannya di apel siaga.

Apel siaga dihadiri unsur muspika setempat, anggota desa masyarakat peduli api, dan tim kesiapsiagaan tanggap darurat perusahaan.

PT Agrolestari Mandiri mempunyai lima estate di mana masing-masing estate didukung 15 anggota tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD). Total terdapat 75 anggota tim KTD di PT Agrolestari Mandiri. Mereka adalah tim inti yang bertugas mengantisipasi dan mengendalikan kebakaran lahan apabila terjadi di areal kebun.

PT Agrolestari Mandiri juga menjalin kerjasama dengan 8 desa mitra di sekitar area perkebunan. Masing- masing desa mempunyai 15 anggota masyarakat sehingga total terdapat 120 anggota.

Susanto menambahkan bahwa semua pihak apalagi pemerintah berkepentingan untuk menjaga lahan tidak lagi terjadi kebakaran seperti 2015. Apalagi, Indonesia akan menjadi tuan rumah kegiatan olahraga berskala internasional, Asiam Games.

“Bapak ibu sekalian, bangsa indonesia akan menjadi pelaksana Asian games ini adalah tugas besar bagi bangsa kita. Kita sebagai anak bangsa harus mensukseskan harus sukseskan Asian Games. Dengan menjaga tidak ada titik api. Mohon sosialisasikan dan sampaikan kepada masyarakat sekitar,” jelas Susanto.

Susanto menjelaskan apabila terjadi kebakaran maka masyarakat yang rugi karena berdampak kepada penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Dampak lainnya adalah kerugian puluhan triliun karena aktivitas ekonomi mereka terganggu.

Di Kalimantan Barat, Sinarmas punya delapan desa binaan yang sukses mencegah kebakaran sepanjang tahun lalu. Tiga dari delapan desa telah ditetapkan menjadi bagian program desa percontohan nasional oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Perusahaan sudah menjalankan pengembangan Pertanian Ekologi Terpadu (PET) di Kecamatan Nanga Tayap, Ketapang, Kalimantan Barat.

Tujuan program ini  mendidik masyarakat desa tentang metode pertanian organik berkelanjutan yang dapat membantu mereka memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri. Selain itu dapat memastikan tidak lagi melakukan pembukaan lahan dengan membakar dan mendukung pembangunan ekonomi di desa.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp