Industri Minyak Sawit Sumatera Selatan Berkelanjutan (Bagian IV)

Volume eskspor minyak sawit Sumatera Selatan juga mengalami peningakatan dan nilai ekspor yang cenderung meningkat. Dengan meningkatnya luas kebun sawit Sumatera Selatan, jumlah petani sawit juga meningkat. Jumlah tenaga kerja yang bekerja pada kegiatan perkebunan sawit juga meningkat. Bukan hanya petani sawit yang meningkat, jumlah Usaha Kecil Menengah yang bergerak dalam supplier perkebunan mengalami peningkatan.

Manfaat kehadirian sawit di Sumatera Selatan, bukan hanya dinikmati mereka yangf memiliki atau bekarja di kebun sawit. Perkebunan sawit juga menjadi salah satu lokomotif perekonomian yang menarik pertumbuhan sektor-sektor ekonomi Sumatera Selatanbaik dalam out put, pendapatan, maupun nilai tambah. Bahkan perkebunan sawit juga menarik dan mengintegrasikan perekonomian pedesaan dan perkotaan Sumatera Selatan.

Melalui hilirisasi kedepan di Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan dapat menghasilkan minyak goreng baik untuk kebutuhan Sumatera Selatan maupun untuk ekspor. Selain itu hilirisasi minyak sawit kedepan juga dapat menghasilkan berbagai produk hilir sawit seperti sabun, detergen, shampo, pelumas dan lain-lain.

Sumber: GAPKI SUMSEL

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp