Industri Minyak Sawit Sumatera Selatan Berkelanjutan (Bagian I)

Sumatera Selatan Memerlukan Tranformasi dari Perekonomian Tak Berkelanjutan ke Berkelanjutan

Provinsi Sumatera Selatan sampai saat ini dikenal sebagai salah satu Lumbung Energi Nasional. Produksi minyak bumi, gas alam dan batu bara yang dihasilkan dari bumi Sriwijaya selama ini memang mendukung untuk menyandang predikat tersebut.

Namun, energi terasebut merupakan sumber energi yang tak dapat diperbarui (non renewable resources) sehingga suatu saat akan habis (depletion). Karakterristik teknologi produksi energi fosil tersebut juga bersifat ekslusif dan tidak mungkin mengikutsertakan rakyat banyak. Dalam konsumsinya juga menghasilkan emisi karbondioksida yangcukup tinggi dan secara internasional dinilai sebagai penyebab utama pemanasan global.

Pada kenyataannya, kontribusi sektor migas dan tambang dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi Sumatera Selatan juga makin semakin menurun. Demikian juga kontribusi migas dan tambang dalam ekspor mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Dengan kata lain, ekonomi sektor migas dan tambang tidak berkelanjutan (unsustainable) dan tidak dapat diandalkan lagi sebagai motor pengerak ekonomi Sumatera Selatan. Sumatera Selatan perlu mentranformasi ekonominya dari sumber daya tak terbarui kepada basis sumber daya yang dapat diperbarui.

Sumber: GAPKI SUMSEL

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp