Industri Minyak Sawit Indonesia Menuju 100 Tahun NKRI (Bagian XCIVII)

Pergerakan harga bulanan setiap tahun cenderung tahun mengikuti pola yang sama (kecuali tahun 2002 dan 2008). Pola yang dimaksud adalah harga pada awal tahun selalu lebih rendah dibandingkan dengan pertengahan dan akhir tahun. Dilihat dari tingkat  risiko perubahan harga bulanan (koefisien variasi) setiap tahun, tingkat risiko haraga pupuk urea berfluktuasi dari tahun ke tahun. Tingkat risiko paling tinggi terjadi pada tahun 2008 yakni mencapai 40% dan terendah terjadi pada tahun 2009 yakni sekitar 5%. Berbeda dengan tingkat risiko energi dunia, tidak ada tanda-tanda bahwa tingkat risiko harga pupuk urea menurun dari tahun ke tahun. Dengan perkataan lain, risiko dari harga pupuk urea dunia masih cukup besar dan fluktuatif.

Dari hasil analisis perkembangan harga pupuk urea dunia menunjukan bahwa : Harga di awal tahun cendrung lebih rendah dibandingkan dengan pertengahandan akhir tahun, serta tingkat risiko akibat perubahan haraga pupuk urea dunia fluktuatif dan belum ada tanda-tanda terjadi kecenderungan penurunan tingkat risiko, dalam kurun waktu 2002-2012.

Pupuk rock pospat. Perkembangan harga pupuk Rock Pospat (RP) pergerakan harga RP dunia mengalami kenaikan yakni rata-rata US$ 40/ton tahun 2002 menjadi US$ 140/ton tahun 2012. Harga tertinggi yang pernah tercapai adalah pada tahun 2008 yaitu sebesar US$ 345/ton. Tingkat risiko perubahan harga RP (koefisien variasi) sangat fluktuatif dengan kisaran 0% sampai 42% dan belum ada kecenderungan makin menurun.

Sumber : GAPKI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp