Industri Minyak Sawit Indonesia : Isu Sosial, Ekonomi Dan Lingkungan (Bagian VIII)

Perkembangan minyak sawit Indonesia yang tergolong revolusioner menjadi menarik perhatian masyarakat global. Perubahan posisi minyak sawit menjadi minyak nabati utama dunia mengantikan minyak kedele yang hampir 100 tahun menjadi minyak utama dunia, telah melahirkan dinamika baru persaingan minyak nabati global. Kombinasi bentuk persaingan bisnis minyak nabati dengan isu-isu sosial, ekonomi dan lingkungan global. Berbagai isu ekonomi, sosial dan lingkungan global mewarnai dinamika minyak sawit dunia khususnya minyak sawit Indonesia. Berbagai isu ekonomi, ekonomi, sosial dan lingkungan terkait dengan pengembangan industri minyak sawit Indonesia yang akan diuraikan berikut ini banyak menjadi topik diskusi baik forum masyarakat lintas negara dunia maupun di dalam negri.

Isu Ekonomi

Pertanyaan yang sering muncul baik dari masyarakat Indonesia maupun masyarakat global antara lain adalah inklusivitas ekonomi perkebunan kelapa sawit Indonesia. Pertanyaan ini muncul mengingat banyaknya investasi-investasi besar di Indonesia yang umumnya berupa enclave dan ekslusif seperti sektor-sektor pertambangan multinasional.

Perkebunan kelapa sawit yang saat ini telah berkembang pada 190 kabupaten merupakan salah satu lokomotif perekonomian yang penting sebagaimana ditujukan oleh index multiplier perkebunan kelapa sawit yang lebih besar dari rata-rat sektor.

Sumber : Prof. Dr. Ir. Bungaran Saragih, MEc

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp