Industri Minyak Sawit Indonesia Berkelanjutan (Bagian IV)

Setelah tiga puluh tahun lebih pembangunan kelapa sawit berlangsung di Indonesia berbagai kemajuan telah dicapai. Penyebaran perkebunan kelapa swit telah berkembang lebih dari 22 provinsi, luas areal mencapai 9 juta Ha, perkebunan rakyat berkembang, produksi CPO mencapai 26 juta ton tahun 2012 dan menempatkan Indonesia sebagai produsen CPO terbesar dunia.

Sealin itu, berbagai aspek pembangunan daerah pedesaan dan pengurangan kemiskinan juga mengalami perbaikan yang berarti. Berbagai fakta menunjukan bahwa pembangunan perkebunan kelapa sawit di Indonesia merupakan bagian yang sangat penting dalam pembangunan pedesaan dan pengurangan kemiskinan.

Buku ini memuat emprical evidence dari pengembangan perkebunan kelapa sawit Indonesia terutama peranannya dalam empat aspek, yaitu pembangunan ekonomi inklusif (inclusive growth); pembangunan pedesaan (rural development); pengurangan kemiskinan (poverty alleviation); dan pelestarian lingkungan (sustainability).

Penyajian dalam buku ini dimulai dari Tinjauan Umum Industri Minyak Sawit Indonesia, dilanjutkan dengan Peranan Industri Minyak Sawit Indonesia dalam Pertumbuhan Ekonomi Inklusif dan Pembangunan Pedesaan. Kemudian Disajikan Kontribusi Industri Minyak Sawit dalam Pengurangan Kemiskinan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Sumber: PASPI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp