Industri Minyak Sawit Indonesia Berkelanjutan (Bagaian LIII)

Kesempatan kerja tidak hanya tercipta pada perkebunan kelapa sawit saja jika perkebunan kelapa sawit bertumbuh. Pertumbuhan produksi kelapa sawit (CPO) akan meningkatkan kesempatan kerja baru disektor lain melalui dampak multiplier dari pertumbuhan CPO itu sendiri di pedesaan. Dampak multiplier kesempatan kerja perkebunan kelapa sawit menciptakan kesempatan kerja baru dalam perekonomian dimana sekitar 10 persen terjadi diluar perkebunan kelapa sawit (Amzul, 2011).

Jika produksi CPO bertambah (akibat permintaan pasar), kesempatan kerja tidak hanya bertumbuh pada perkebunan kelapa sawit, melainkan juga disektor-sektor lain. Bahkan dampak multiplier pertumbuhan produksi CPO juga meningkatkan kesempatan kerja baru disektor perkotaan seperti sektor keuangan dan industri kimia. Hal ini menunjukan bahwa perkebunan kelapa sawit merupakan sektor yang efektif mengurangi tingkat penganguran khususnya dipedesaan.

Karakteristik teknologi perkebunan kelapa sawit yang padat karya (labor intensive) dan akomodatif terhadap berbagai keragaman kualitas tenaga kerja seperti penduduk miskin dipedesaan, menjadikan perkebunan kelapa sawit menjadi bagian solusi penting untuk mengurangi penganguran atau memberi kesempatan kerja bagi penduduk miskin pedesaan.

Sumber: PASPI

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp