Indo Komoditi Jajaki Akuisisi Perusahaan Sawit ZTE

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Indo Komoditi Korpora Tbk (INCF) berencana mengakuisisi PT Sinar Citra Cemerlang (SCC). Langkah ini diambil guna melebarkan sayap bisnis perusahaan ke bisnis sawit.

Dalam keterangan di bursa, INCF  akan membeli 60% saham dari modal yang disetor dan ditempatkan penuh SCC atau setara 74,1 juta unit saham. Akuisisi diperkirakan bernilai US$33 juta.

Untuk itu, pihak manajemen  akan bertransaksi dengan Zonergy (Tianjin) Company Limited,  pemilik mayoritas saham SCC. Indo Komoditi sudah mengajukan permohonan akuisisi.

Dessy Roza, Sekretaris Perusahaan INCF, menjelaskan, diversifikasi bisnis ini memiliki prospek yang baik dan*clapat mengurangi risiko bisnis INCF selaku perusahaan induk. Pertimbangannya, dengan memiliki lebih dari satu anak usaha akan menjaga kontinuitas dan profitabilitas perusahaan tersebut.

Bisnis kelapa sawit, kata Dessy, tetap prospektif di masa depan karena paling banyak digunakan di seluruh dunia “Selain itu, minyak sawit banyak produk turunannya,” ujar Dessy.

Sumber  pembiayaan akuisisi melalui fasilitas pinjaman dari pemegang saham. Pemegang saham utama INCF, yakni PT Alam Tulus Abadi (ATA) siap menyokong USS 5 juta. “Kemudian dari Sinoasia Holding Limited maksimum US$ 10 juta” ungkap Dessy.

Guna memuluskan aksi korporasi ini, INCF akan meminta persetujuan dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB), yang dijadwalkan pada 2 Maret 2017. Tanpa persetujuan, INCF tidak bisa mengajukannya lagi dalam kurun waktu satu tahun.

Berdasarkan informasi yang dimiliki Majalah SAWIT INDONESIA, PT Sinar Citra Cemerlang dimiliki kelompok ZTE agribusiness terafiliasi dengan Zonergy. Luas kebun sekiyar 30 ribu hektare yang berlokasi di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.