Harga TBS Anjlok, APKASINDO Minta Dirjenbun Tidak Diam

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) meminta Kementerian Pertanian terutama Dirjen Perkebunan untuk memberikan solusi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit. Pasalnya, harga TBS sawit di sejumlah daerah sentra sawit di bawah Rp 1.000 per kilogram.

Hal ini diungkapkan Anizar Simanjuntak, Ketua Umum APKASINDO dalam Halal Bihalal dan silaturahmi dengan pengurus APKASINDO di Medan, Selasa (17 Juli 2018). Kegiatan ini berlangsung dalam rangkaian acara The 6th Quadrennial Internasional Oil Palm Conference (IOPC) 2018. Hadir dalam kegiatan ini antara lain Pengurus APKASINDO dari 20 provinsi dan Dewan Pembina APKASINDO Dr.Bayu krisnamurthi.

Anizar Simanjuntak menyoroti anjloknya harga TBS di tingkat petani. Padahal, harga CPO sebelum lebaran hingga hari ini cenderung stabil.

“Kami mendesak Dirjenbun mengeluarkan kebijakan untuk meredam merosotnya harga TBS petani,”kata Anizar.

Redaksi sawitindonesia.com berupaya menghubungi Bambang, Dirjen Perkebunan. Tetapi tidak ada ada jawaban baik melalui telepon dan layanan pesan singkat (SMS).

Dr Bayu Krisnamurthi dalam arahannya menyampaikan tiga hal. Pertama Apkasindo sebagai organisasi petani sawit yang terbesar, harus senantiasa menjaga kebanggaan dan marwah sebagai petani kelapa sawit. Itu agar diwujudkan melalui niat untuk memajukan dan mensejahterakan petani.

Kedua, Apkasindo harus menciptakan kader-kader muda yang dapat melanjutkan perjuangan mulia ini. Kader-kader muda yang mampu berbicara di tingkat internasional melawan kampanye negatif sawit di luar sana.

Sedang yang ketiga terkait harga TBS. Bayu menekankan agar para petani sudah bisa menghitung biaya-biaya terkait pemeliharaan kebun secara efektif dan efisien per ha/per tahun.

“Itu agar dapat mengantisipasi dinamika harga CPO dan TBS yang fluktuatif, sebab sebagian besar CPO dan turunannya asal Indonesia diekspor ke luar negeri, sehingga stabilitas harga sangat dipengaruhi gejolak ekonomi dan politik yg terjadi di luar sana,” katanya.

Dalam arahannya, Anizar mengajak pengurus Apkasindo dan peserta halal bihalal untuk berdoa bersama bagi kesembuhan Sekjen APKASINDO Asmar Arsjad yang sedang sakit.

Sejumlah perwakilan petani apkasindo dari Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, juga menyampaikan beberapa permasalahan terkait kelapa sawit di daerahnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp