Gubernur Kalteng Kunjungi Kebun Buah Binaan BGA Grup

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengunjungi kebun bibit buah-buahan Desa Bukit Batu Kec.Cempaga Hulu yang merupakan wilayah binaan CSR PT Windu Nabatindo Lestari (BGA Group). Kunjungan ini rangkaian kegiatan dari perayaan Hari Ketahanan Pangan Sedunia (tingkat provinsi) yang berlangsung selama 3 hari kedepan sejak dimulai hari ini 8 Oktober 2017.

“Lokasi agribisnis (kebun buah dan bibit) ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam mempelajari pertanian hortikultura. Tersedia gazeebo dan perpustakaan agribisnis sederhana dari BGA Group untuk digunakan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan di bidang Hortikultura ini,” ujar Zainal Mustofa selaku Head of Corp Affair BGA Wilayah Kalteng dalam siaran pers yang diterima pada Minggu (8/10/2017).

Sugianto Sabran menginginkan perkebunan sawit di Kalimantan Tengah mengikuti langkah BGA Grup. “Saya minta perkebunan sawit di Kalteng, melalui program CSR untuk menanam berbagai buah. Kalteng dapat menjadi penghasil buah. Tanah disini subur supaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” kata Sugianto.

Zainal menyebutkan keberadaan kebun buah ini akan membantu petani plasma sawit untuk memberikan penghasilan tambahan. Selai itu, dapat mengurangi ketergantungan Kalteng terhadap pasokan buah dari Jawa.

Kegiatan HPS tersebut dipusatkan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 di Kabupaten Kotawaringin Timur melibatkan semua stakeholder dan CSR perusahaan yang ada di Kab.Kotim.

Selain Desa Bukit Batu, ada lokasi agribisnis lain yang juga dikunjungi oleh Gubernur Kalteng yaitu; Desar Parit Kec. Cempaga Hulu yang dikelola oleh PT TASK, Kawasan Kebun Raya Jl. Jend.Sudirman KM.29 yang nantinya akan dikelola oleh PT Agro Bukit dan aKec. Mentaya Hilir yang dikelola oleh PT Menteng.

Peringatan HPS ini diikuti oleh kurang lebih 700 orang, terdiri dari institusi Bupati/Walikota dan dinas se-Kalimantan Tengah yakni, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan serta asosiasi terkait pertanjan seperti TP-PKK dan HKTI/KTNA.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.