Elia Massa Manik Ramaikan Bursa Calon Dirut Pertamina

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Sejumlah nama masuk radar tim seleksi Direktur Utama PT Pertamina yang baru. Rini Soemarno, Menteri BUMN, meminta Dewan Komisaris Pertamina memilih direktur utama yang baru dalam kurun waktu 30 hari.

Salah satu nama tersebut adalah Elia Massa Manik yang sekarang menjabat Direktur Utama PTPN III Holding, induk perusahaan perkebunam negara. Elia Massa disebut-sebut calon kuat dewan komisaris untuk menakhodai Pertamina.

Dalam wawancara dengan Majalah Sawit Indonesia, Elia menyebutkan dirinya mendapat tugas dari Menteri BUMN untuk menyehatkan 13 PTPN yang berada di bawah holding BUMN Perkebunan.  Itu sebabnya PTPN I sampai PTPN XIV, kata Elia Massa, dalam Rapat Pemegang Saham diputuskan menjalankan restrukturisasi. Tujuannya menghasilkan efisiensi dan efektivitas dalam semua aspek. Restrukrisasi berjalan untuk semua bidang tidak hanya keuangan saja.

PTPN III  adalah merupakan holding (induk usaha) dari 14 perusahaan perkebunan negara dengan jumlah karyawan sekitar 139 ribu orang.

Nama lain yang beredar di publik adalah Plt Dirut Pertamina Yenni Andayani, Syamsu Alam (Direktur Hulu), Budi Gunadi Sadikin (Staf Khusus Menteri BUMN/mantan Dirut Bank Mandiri), dan Ahmad Bambang (Wakil Dirut Pertamina).

Elia pernah menjabat sebagai Dirut PT Elnusa. Di awal bergabung dengan Elnusa arus cash minus Rp 200 miliar. Pada tahun 2013, arus kas naik menjadi Rp 753 miliar.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.