Dihadiri 34 Jurnalis, GAPKI Gelar Lokakarya Sawit di Belitung

BELITUNG, SAWIT INDONESIA – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengadakan Lokakarya Wartawan Ekonomi dan Pertanian di Belitung, 23-25 Agustus 2018. Kegiatan ini merupakan agenda rutin GAPKI yang melibatkan jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

“Lokakarya ini merupakan agenda rutin dua tahunan GAPKI. Tujuan kegiatan ini memperkuat silaturahmi dan hubungan baik GAPKI dengan teman-teman media di seluruh Indonesia,”kata Tofan Mahdi, Ketua Bidang Komunikasi GAPKI, dalam pembukaan kegiatan di BW Suite Belitung Hotel, Kamis (23 Agustus 2018).

Sebelum mengikuti lokakarya, peserta berkesempatan mengunjungi pantai Laskar Pelangi. Setelah itu, wartawan dijamu makan siang adat bernama Makan Dulang di Rumah Adat Panggung Belitung.

Tofan Mahdi yang juga Ketua Panitia Lokakarya, menyebutkan lokakarya diikuti 34 jurnalis media cetak dan online yang berasal dari Sumatera hingga Sulawesi. Harapan dari kegiatan ini memberikan update terkait isu-isu sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia.

“Lokakarya ini akan menjawab hoax seputar industri sawit yang berkaitan tenaga kerja, tata ruang, dan lingkungan,”jelasnya.

Dalam kata sambutannya, Joko Supriyono, Ketua Umum GAPKI, menyambut baik lokakarya ini karena akan memberikan informasi dan pemahaman komprehensif mengenai industri sawit.

“Tujuan lokakarya ini bukannya memproduksi berita. Melainkan, ada pengetahuan (sawit) yang bisa dibawa pulang,”harap Joko.

Lokakarya ini terbagi dua sesi. Sesi pertama menghadirkan tiga pembicara yaitu Togar Sitanggang, Wakil Ketua Umum III Urusan Perdagangan & Keberlanjutan GAPKI, Eddy Martono, Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang GAPKI, dan Immanuel Manurung, Ketua Kompartemen Regulasi dan Pengupahan GAPKI.

Di sesi kedua, terdapat dua pembicara yaitu Eusebius Pantja PhD, Peneliti Senior Yayasan Inspirasi Indonesia dan Dr.Agus Sudibyo, pakar media.

Hari berikutnya adalah peserta akan mengunjungi perkebunan sawit Sinarmas Agribusiness. Tofan Mahdi mengharapkan agenda kunjungan kebun ini memberikan gambaran tata kelola sawit yang berkelanjutan kepada jurnalis.

H.Usmandi Andeska, wartawan senior, menuturkan kegiatan ini sangatlah bagus memberikan pemahaman dan informasi sawit kepada karyawan. “Selamat datang di Bangka, semoga wartawan dapat menyerap persoalan industri sawit. Dan menyampaikan berita terkait pariwisata Belitung,” pungkasnya mewakili peserta.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp