Di depan Wartawan, Wasekjen Apkasindo Uraikan Persoalan Sawit Rakyat

NUSA DUA, SAWIT INDONESIA – Rino Afrino, Wakil Sekjen Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menguraikan sejumlah tantangan yang dihadapi perkebunan sawit rakyat dari masalah produktivitas sampai kelembagaan. Persoalan ini disampaikan di hadapan 30 wartawan media massa dan online yang meliput Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2017 di Bali Nusa Dua Convention Centre di Nusa Dua, Bali, Kamis (2/10/2017).

Rino memaparkan mengenai tantangan ke depan yang akan dihadapi pelaku perkebunan rakyat dalam mengelola kelapa sawit dan cara mendorong produktivitas perkebunan rakyat. Dijelaskan bahwa dari jumlah total lahan sawit di Indonesia, 52 persen dimiliki oleh perkebunan swasta, 7 persen milik pemerintah dan sementara sisanya sebesar 41 persen merupakan perkebunan milik rakyat.

“Tren menunjukkan adanya peningkatan pengelolaan lahan perkebunan rakyat. Salah satunya lahan perkebunan yang dimanfaatkan untuk industri perkebunan kelapa sawit. Dan kita bisa melihat peran sawit dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan di wilayah pedesaan,” katanya.

Namun, perkebunan rakyat bukan berarti tanpa hambatan. Ada beberapa hal yang perlu diselesaikan dalam kaitannya dengan perkebunan rakyat, antara lain masih ditemukannya perkebunan di lahan-lahan yang tidak sesuai dengan UU; praktik agroekonomi yang kurang baik; keterlambatan dalam peremajaan kelapa sawit; dan pengelolaan yang kurang baik terkait aspek kelembagaan perkebunan rakyat.

Untuk itu, Rino mengingatkan terkait pentingnya upaya pemahaman dari para pelaku perkebunan rakyat antara lain melalui pelatihan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melibatkan peran sertapemerintah maupun perusahaan besar.

“Pengelolaan perkebunan rakyat yang lebih baik diharapkan dapat memperkokoh posisi strategis industri kelapa sawit, terutama dalam upaya pengentasan kemiskinan,” pungkasnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp