Datuk Yusof Basiron: Permintaan Sawit Dunia Tumbuh 7%

KUALA LUMPUR, SAWIT INDONESIA – Dalam beberapa tahun mendatang, permintaan minyak sawit dunia tetap meningkat untuk memenuhi kebutuhan pangan dan energi.

Tan Sri Datuk Dr. Yusof Basiron, CEO Malaysian Palm Oil Council, mengatakan kebutuhan sawit global akan tumbuh 7 persen setiap tahunnya. 

Peluang ini, kata Yusof Basiron, mesti dimanfaatkan produsen minyak sawit untuk meningkatkan pasokannya. “Permintaan dan suplai akan tumbuh beriringan dalam beberapa tahun mendatang,”ujarnya ketika ditemui di sela-sela POTS 2016, di Shangrila Hotel Kuala Lumpur, Rabu (12/10).

Menurut Yusof Basiron, produksi minyak nabati lain seperti minyak kedelai dan minyak bunga matahari punya keterbatasan dalam peningkatan produksi. Lain halnya dengan produktivitas minyak sawit yang punya peluang untuk dinaikkan.

Thomas Mielke, Analis Oil World, memproyeksikan konsumsi oil and fats naik 4,7 juta ton menjadi 213 juta ton pada periode 2016-2017. Konsumsi dapat terpenuhi asalkan ditopang tambahan pasokan sebanyak 10 juta ton. 

Pasokan sebesar ini, kata Mielke, untuk mengompensasi turunnya stok oil and fats pada periode 2015-2016 yang mencapai 4,8 juta ton. Konsumsi oil and fats dalam kurun waktu tersebut sebanyak 208 juta ton. (Qayuum)

 

 

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.