Darmin Nasution dan Sri Mulyani Akui Sawit Menjadi Andalan Perekonomian

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Kontribusi kelapa sawit  mendapatkan apresiasi tinggi dari kalangan menteri ekonomi Kabinet Kerja. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan peranan sawit dari aspek perdagangan ekspor nasional. Disebutkan bahwa  nilai ekspor produk sawit tumbuh 8% menjadi US$ 17,8 miliar dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar US$ 16,5 miliar.

Lebih lanjut kata Sri Mulyani, ekspor komoditas sawit sekitar12% dari nilai ekspor nasional. Pada 2016, nilai mencapai Rp 231,4 triliun dengan produksi 31 juta ton.

Terhadap sektor pertanian, kelapa sawit berkontribusi sebesar 14,2%. Begitupun terhadap sektor minyak hewan dan nabati di industri 5%, sehingga kontribusi kelapa sawit dan produk turunannya sebesar 3% terhadap PDB.

Dari penyerapan tenaga kerja,  Sri Mulyani mengakui ada 5,6 juta tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan industri dan perkebunan kelapa sawit.

“Komoditas sawit andalan sangat penting yang perlubdijaga keberlanjutannya,”imbuh Sri Mulyani ketika berbicara dalam Pertemuan Nasional Sawit Indonesia, Jakarta, Kamis (2/2)

Menurutnya industri kelapa sawit di Indonesia menjaga keberlanjutan komoditas andalan nasional. Untuk itu, pelaku diminta membangun industri yang komprehensif dan mampu menerapkan secara konsisten menerapkan Indonesian Sustainable palm oil (ISPO) di tingkat perusahaan maupun petani.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengakui kelapa sawit menjadi andalan perekonomian ini terbukti produk turunan kelapa sawit berkontribusi terhadap ekspor sebesar 75 persen dari sektor non-minyak bumi dan gas (migas). Itu sebabnya sawit mampu menjadi penyumbang pemasukan terbesar ke negara.

Lebih lanjut kata Darmin dengan potensi yang dihasilkan produk-produk turunan sawit membuat pemerintah semakin fokus mendorong kemajuan industri kelapa sawit nasional. Tujuannnya mampu memenuhi permintaan kebutuhan produk sawit di pasar nasional maupun internasional. (Qayum/Ferika)

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.