CV. AGRO TUNASUNGGUL INDONESIA MACAM DAN CARA PENENTUAN BENIH UNGGUL MUCUNA BRACTEATA (MB)

Kata “benih” dari istilah teknis pertanian merupakan biji yang dipersiapkan secara khusus untuk menghasilkan tanaman baru. Aspek harus diperhatikan oleh produsen, pedagang dan konsumen benih adalah mutunya. Mutu benih yang tinggi sudah diupayakan sejak tanaman diproduksi hingga saat pemanenan.

 

  1. Agro Tunasunggul Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia sebagai penangkar benih MUCUNA BRACTEATA (MB) yang sangat memperhatikan kualitas mutu benihnya. Mutu benih menjadi jaminan bagi pengguna benih, informasi benih kami di dapat dari hasil pengujian pada lembaga terakreditasi dan terpercaya. Salah satunya pada Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bio Industri (PPBBI) – Bogor. Perusahaan melakukan pengujian di laboratorium tersebut dengan hasil pengujian benih No.537/komers/X/2015.

 

Proses pemanenan kebun dilakukan oleh karyawan kebun yang telah berpengalaman selama 5 tahun. Polong atau buah panenan adalah buah yang  telah matang secara fisiologis, dicirikan oleh polong yang berisi (bernas) dan yang telah berwarna coklat kehitaman. Pemilihan yang tepat terhadap polong tersebut menjadikan mutu benih berkualitas unggul dan memiliki kualitas tinggi. Mutu yang demikian disebut  penentuan mutu secara fisiologis. Pada hasil pengujian prosentase viabilitas kami sebesar 84,44% merupakan kategori baik sekali. Dan perusahaan kami memberikan jaminan daya viabilitas minimum 70%, dengan hasil ini rekomendasi pemakaian produk kami per 1 (satu) kilogram benih untuk lahan penanaman seluas 10 hektare sehingga perkebunan dan petani sawit/karet lebih efisien.

 

Mutu benih baik juga memiliki keseragaman genetik dan tingkat kemurnian benih yang tinggi, artinya benih tersebut tidak tercampur dengan benih varietas lain. Sering kali di pasaran benih MB (Mucuna Bracteata) banyak ditemukan tercampur dengan benih varietas lain. Tingkat kemurnian benih hasil pengujian perusahaan kami sebesar 96% – 98%, yang artinya bahwa benih tersebut sangat murni. Penentuan mutu demikian disebut juga penentuan mutu secara genetis.

 

Cara penentuan benih berikutnya yaitu penentuan mutu secara fisik, benih MB (Mucuna Bracteata) yang baik dicirikan sebagai berikut :

 

  1. Kondisi fisik yang bersih dari kotoran, gulma, tanah, pasir serta benih tanaman lain
  2. Berwarna lurik hitam, hitam polos dan berwarna coklat yang terang, cerah dan mengkilap
  3. Testa (kulit) memiliki permukaan licin dan tebal. Saat panen musim hujan kadang kala di temukan kulit tidak licin (kerut), tapi cotyledon benih tetap berisi dan matang fisiologis artinya benih tersebut tetap hidup. MB yang telah ditangkar oleh perusahaan kami sudah beradaptasi dengan iklim dan cuaca di Indonesia sehingga menghasilkan testa (kulit) tipis
  4. Benih berukuran normal dan seragam, merupakan benih yang berkualitas karena memiliki struktur embrio dan cotyledon sempurna yang cukup untuk pertumbuhannya.
  5. Benih berisi atau bernas, yaitu tidak hampa atau kosong. Cara mengetahuinya dengan metode penimbangan dan metode perendaman. Bila benih bernas ditandai oleh tenggelamnya benih di dalam air. Terkadang ada beberapa benih MB yang tetap tenggelam dalam air karena benih tersebut memiliki berat standar meskipun kondisi sebenarnya hampa atau kopong. Kejadian seperti ini diakibatkan karena benih tersebut masih mengandung/menyimpan cadangan makanan yang lebih banyak pada cotyledon.

 

Cara terakhir penentuan mutu benih MB yaitu dilakukan pemotongan/melukai kulit luar pada ujung benih dengan alat bantu seperti gunting, amplas, gunting kuku, jarum atau peniti sampai terlihat embrio, dan cotyledon-nya. Ini sangat membantu penyerapan kadar air yang akan meningkatkan germinasi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Customer Services on WhatsApp