Berinvestasi US$ 11 Juta, Sawit Sumbermas Bangun Pabrik Ketujuh

JAKARTA,SAWIT INDONESIA – PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk menambah satu unit pabrik sawit yang mulai dikerjakan tahun ini. Pabrik baru  akan menampung produksi buah sawit dari dua perusahaan, PT Mirza Pratama Putra dan PT Menteng Kencana Mas, yang diakusisi pada akhir tahun lalu.

Harry Nadir, Direktur Keuangan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, mengatakan pabrik ini akan dikerjakan mulai kuartal ketiga tahun ini. Nilai investasi antara US$10 juta-US$11 juta (Rp 136 miliar-Rp 150 miliar, kurs hari ini= Rp13.671) untuk pembangunan pabrik berkapasitas 60 ton TBS per jam. 

“Sumber dana pembangunan dari belanja modal tahun ini, tapi tidak semuanya dari situ. Karena pabrik baru selesai tahun depan. Lokasi pabrik tidak jauh dari dua perusahaan tersebut,” kata Harry setelah RUPS PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, di Jakarta, Rabu (25/5).

Setelah pabrik ketujuh beroperasi, jumlah PKS emiten berkode SSM ini menjadi tujuh unit dengan kapasitas 435 ton per jam.

Total belanja modal (capital expenditure/Capex) tahun ini sebesar Rp450 miliar. Dari jumlah tersebut, sekitar US$20 juta digunakan untuk kepentingan penanaman lahan sawit. Tahun ini perusahaan menargetkan penambahan lahan tertanam antara 5000-5.500 hektare.

Rimbun Situmorang, Direktur Utama PT Sawit Sumbermaa Sarana Tbk, menyebutkan total lahan yang dimiliki perusahaan mencapai 100 ribu hektare dimana sudah tertanam sekitar 69 ribu hektare.

“Rata-rata usia tanaman sawit kami baru 7 tahun yang masuk puncak produksi akan memasuki 3 sampai 5 tahun mendatang,”pungkasnya. (Qayuum)

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.