Astra Agro Siapkan Belanja Modal Rp 2,5 Triliun

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mengalokasikan   belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 2,5 triliun pada tahun ini. Dana ini akan digunakan untuk penanaman sawit, infrastruktur, dan pabrik kelapa sawit.

Rudy Chan  Direktur Keuangan AALI, memaparkan komposisi belanja modal yaitu  30% untuk perawatan sawit,  40% dari dana capex  kegiatan infrastruktur.nn”Sisanya untuk pembangunan mills dan kegiatan lain,” jelas  Rudy dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Astra Agro Lestari Tbk, Senin (11/4) di Jakarta.

Sumber pendanaan belanja modal berasal dari internal perusahaan. Sisanya diperoleh dari l pinjaman perbankan.” Untuk Capex pendanaan  mengutamakan internal cashflow kalau cukup dari pendanaan dari dalam tentu kita akan gunakan, tapi kalau tidak cukup tentu kita akan gunakan dana lain dengan fasilitas pinjaman yang masih ada,” kata Rudy.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar BiasaRUPST diputuskan bahwa  perseoran akan menggelar Penawaran Umum Terbatas dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau Right Issue.

Dana Right Issue perseroan akan digunakan untuk membayar  utang perseroan yang diperkirakan  Rp.4 triliun atau ekuivalen US$ 290 juta. Jumlah maksimal saham yang akan dijual adalah 450 juta lembar.

“Perlu dapat perhatian bahwa jumlah saham yang akan terbit menyesuaikan harga pasar perseroan saat pencatatan sehingga saham baru yang diterbitkan bisa lebih kecil. Jadi maksimum 450 juta lembar tapi bisa saja lebih dari itu,” jelas Rudy.

Emiten berkode AALI ini menjadi pembeli siaga dalam Right Issue. Kendati demikian, belum dipastikan  berapa nilai right issue ini.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.