Asian Agri Dapat Penghargaan Proper Hijau

Jakarta, SAWIT INDONESIA –  Anak usaha Asian Agri menerima Penilaian Program Peningkatan Kinerja Perusahaan (Proper) kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Proper Hijau ini diberikan kepada dua pabrik anak perusahaannya, PT Inti Indosawit, yaitu Pabrik Segati dan Pabrik Muara Bulian. 

Bertempat di Kantor Wakil Presiden, penghargaan Proper kategori Hijau diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,  Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya, pada Rabu (7/12).

Direktur Asian Agri, Freddy Widjaya mengatakan penghargaan Proper kategori Hijau, ini merupakan penegasan komitmen Asian Agri terhadap pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan.  Penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan di semua lini, mulai dari manajemen perusahaan hingga di tingkat operasional di lapangan.

“Pencapaian ini mendorong kami untuk terus  meningkatkan kinerja yang berwawasan lingkungan dan memberikan manfaat langsung bagi  masyarakat, lingkungan dan semua pemangku kepentingan,” katanya dalam keterangan tertulis.

Sejalan dengan prinsip pendiri Asian Agri, Soekanto Tanoto, yang dituangkan dalam 4C, yakni baik untuk masyarakat (Community),  baik untuk negara (Country), baik untuk iklim/lingkungan (Climate),  serta baik untuk perusahaan  (Company),  Asian Agri terus meningkatkan efektifitas pengelolaan dan pemantauan lingkungan sesuai  dengan ketentuan dan peraturan pemerintah.

Penghargaan Proper merupakan program tahunan unggulan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia yang meliputi proses pengawasan dan pemberian insentif atau disinsentif kepada perusahaan yang taat atau tidak taat terhadap peraturan lingkungan hidup. Penghargaan Proper diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam produksi barang dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Contoh penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan oleh Asian Agri yang termasuk ke dalam  Proper kategori Hijau yakni perusahaan melakukan lebih dari yang dipersyaratkan atau beyond compliance, dalam hal sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, penurunan emisi, pemanfaatan dan pengurangan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun), penerapan 3R (reduce, reuse, recycle) limbah padat non B3, konservasi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan keanekaragaman hayati dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.