APROBI: Biodiesel Produsen Bebas Dari Kontaminasi Air

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Kalangan produsen biodiesel yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) menegaskan tidak ada air yang tercampur ke dalam biodiesel mulai dari pabrik sampai di atas kapal pengiriman.

“Jadi bukan FAME (biodiesel dari produsen yang tercampur air). Karena sewaktu bongkar semua diawasi oleh surveyor, baik dr Pertamina maupun supplier,”kata Togar Sitanggang, Sekjen Aprobi melalui layanan pesan WhatsApp, Rabu (16/11).

Berdasarkan keterangan Pertamina bahwa investigasi akan difokuskan ketika waktu pembongkaran dari kapal pengangkut ke Terminal TBMM.

Ini berarti, kata Togar, FAME sudah sesuai spesifikasi Pertamina ketika dibawa dari pabrik sampai ke atas kapal. “Pertamina juga punya laporan surveyor yang sama,”katanya.

Aprobi juga terlibat dalam tim investigasi untuk mengetahui hasil penyelidikan kasus tercampurnya air di biosolar.

Dari hasil investigasi yang dilakukan Pertamina bersama surveyor, ditemukan air di tangki penerimaan dan pipa penerimaan FAME dari kapal pengangkut FAME. Diindikasikan FAME terkontaminasi air laut dalam perjalanan di laut. Akibatnya, Biosolar yang dicampur dengan FAME tersebut turut terkontaminasi air.

“Dari hasil investigasi yang kami lakukan, telah ditemukan bahwa sumber kontaminasi air berasal dari kapal transporter saat mengangkut FAME. Selanjutnya hasil temuan ini kami serahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,” jelas Wianda Pusponegoro Vice President Coporate Communication PT Pertamina (Persero) dalam keterangannya.

Temuan ini akan didalami oleh pihak kepolisian dan Ditjen EBTKE Kementeriam ESDM. Selain di SPBU Cilincing, penemuan solar tercampur air juga ditemukan di wilayah Depok, Jawa Barat. (Qayuum)

Sumber foto: gaikindo

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.