Anak Usaha PT ISL Operasikan Pabrik Sawit Berkapasitas 30 Ton TBS/Jam

KETAPANG, SAWIT INDONESIA — Bupati Ketapang Martin Rantan meresmikan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS) Bukit Belaban Jaya Mill (BBNM) yang merupakan anak usaha PT Inti Sawit Lestari (Group) yaitu PT Sentosa Prima Agro (SPA) di Desa Sungai Melayu, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kab. Ketapang-Kalimantan Barat. 

Pabrik kelapa sawit berkapasitas 30 Ton TBS/jam ini diresmikan secara simbolis dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ketapang pada 19 September 2017. Kegiatan peresmian PKS ini dihadiri Bupati dan jajaran Muspika Kabupaten Ketapang oleh Tokoh Adat Desa Sungai Melayu.

Bupati Ketapang Martin Rantan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan PT ISL (yang juga merupakan bagian dari BGA Group) yang telah berinvestasi di Desa Sungai Melayu dimana sebelumnya petani di sekitar perkebunan kelapa sawit mengalami kesulitan hidup karena mengeluarkan biaya transportasi yang cukup besar untuk menjual buah sawit (TBS) nya ke PKS di luar Desa Sungai Melayu.

“Sejak dinyatakan menang lelang, Pemkab Ketapang telah meminta secara khusus kepada Manajemen PT ISL (Group) untuk merealisasikan pembangunan PKS. Dan ternyata dalam waktu hitungan 10 bulan sejak peletakan batu pertama pada November 2016, pada hari ini PKS yang diharapkan masyarakat Desa Sungai Melayu bertahun-tahun lalu kini sudah dapat beroperasi”, ujar Martin Rantan dalam rilis yang diterima redaksi, Rabu (20/9/2017).

Kasban salah seorang tokoh masyarakat yang juga petani setempat merasa senang dan bahagia dengan kehadiran pimpinan daerahnya meresmikan PKS PT Sentosa Prima Agro ini. “Saya dan warga lainnya sangat bersyukur adanya PKS yang telah berdiri ini. Sehingga buah yang kami panen setiap hari dapat dibeli oleh perusahaan, tanpa harus jauh-jauh dan mengeluarkan biaya besar untuk transportasi angkutan TBS.”

Sementara itu, Mewakili Manajemen BGA Group Priyanto PS menyampaikan kepada masyarakat dan jajaran Muspika Kabupaten Ketapang agar mohon dukungan dan doa agar PKS yang didirikan ini bisa bermanfaat bagi perusahaan serta bagi masyarakat sekitar khususnya.

Priyanto memastikan siap menampung seluruh buah sawit hasil panen para petani setempat untuk diolah di PKS ini dengan harga kompetitif. Selain itu, akan dilakukan pilot project untuk replanting kepada 2 desa di Kecamatan Sungai Melayu Rayak

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.