Anak Usaha ANJ Operasikan Pabrik Sawit Berkapasitas 90 Ton TBS/Jam

KETAPANG, SAWIT INDONESIA –  PT Kayung Agro Lestari, anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), resmi mengoperasikan pabrik kelapa sawit dengan kapasitas olah Tandan Buah Segar (TBS) sawit sebanyak 90 ton per jam. Investasi pabrik sawit keempat PT ANJ Tbk ini mencapai US$ 15 juta. 

Pabrik tersebut  diresmikan oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan, pada Selasa 96/12)  yang berlokasi di Kecamatan Matan Hilir Utara, Ketapang, Kalimantan Barat. Selain itu, peresmian pabrik ini dihadiri kalangan pengusaha, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), TNI, Polri, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Pembangunan pabrik sawit PT KAL telah dimulai semenjak bulan Mei 2015. CEO Palm Oil ANJ, Geetha Govindan, menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas pengolahan ini sejalan dengan pertumbuhan produksi kelapa sawit dari kebun inti, mitra perusahaan, dan kebun masyarakat. “Selain di pabrik yang diresmikan, panen dari kebun inti dan mitra juga dapat diolah di pabrik mini yang berkapasitas 15 ton per jam,”ujarnya.

Menurut Govindan, pembangunan pabrik itu terwujud atas dukungan seluruh pemangku kepentingan internal maupun eksternal, yakni Bupati dan jajaran Pemkab Ketapang, para kontraktor, pemasok dan masyarakat. “Kami bangga dan mengapresiasi sinergi antar departemen dan bagian baik di kantor ANJ Jakarta maupun PT KAL di Ketapang, sehingga pembangunan fasilitas produksi ini berjalan sesuai rencana dan hasilnya sangat optimal.”

Pabrik PT KAL mulai dibangun semenjak Mei 2015. Pabrik berkapasitas 90 ton per jam ini terdiri dari dua lini dengan kapasitas masing-masing 45 ton per jam. “Lini pertama telah beroperasi secara penuh,” papar Govindan.

Dalam sambutannya Bupati Ketapang Martin Rantan mengatakan pihaknya  mendukung penuh pembangunan pabrik ini. Beroperasinya pabrik PT KAL ini mengandung makna begitu dalam dan besar untuk pembangunan Ketapang, terutama karena sejalan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu “Menuju Ketapang Maju dan Masyarakat Sejahtera”.

“Kita memotivasi seluruh seluruh unsur di Ketapang untuk maju. Kepada perusahaan perkebunan yang diberi izin, tentu diharapkan hingga membangun pabrik,” katanya. Masyarakat Ketapang, harap Bupati , dapat merasakan kemajuan dengan hadirnya perkebunan dan PKS PT KAL.

Sementara itu, Komisaris Utama PT ANJ Tbk, Adrianto Machribie, mengungkapkan pengoperasian pabrik  baru ini bisa tepat waktu berkat dukungan dan kerja sama seluruh pihak. Dia juga menjelaskan, dalam menjalankan bisnis dan operasinya Grup ANJ mengedepankan pengembangan bertanggungjawab, yaitu pembangunan yang mengindahkan keseimbangan lingkungan, kesejahteraan masyarakat, dan keberlanjutan perusahaan.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.