Akuisisi Dutch Glycerin, Musim Mas Perkuat Pasar di Uni Eropa

JAKARTA, SAWIT INDONESIA – Produsen sawit terintegrasi, Musim Mas Grup melalui anak usahanya Musim Mas Eropa Pte. Ltd., menjalankan kesepakatan untuk pembelian Dutch Glycerin Refinery B.V. (DGR), pabrik penyulingan gliserin berkualitas tinggi yang berlokasi di Belanda.

Pabrik ini berkapasitas lebih dari 200.000 metrik ton per tahun yang berdiri pada 2014 sebagai pabrik penghasil methanol yang berasal dari produsen BioMCN.

Mengapa Musim Mas tertarik membeli pabrik ini? Ada dua pertimbangan, pertama, jumlah kapasitasnya menjadikan pabrik ini sebagai pabrik penyulingan gliserin mentah terbesar di dunia hanya dalam satu lokasi.

Kedua, lokasi pabrik di dalam komplek Delfzjil Chemical Park dan memiliki akses logistik yang memudahkan untuk memasuki sasaran pasar Eropa baik melalui jalur jalan darat, kereta api, tongkang dan jalur laut. 

“Akuisisi ini sejalan dengan strategi investasi dari Musim Mas Grup yaitu menjalankan bisnis yang berintegrasi dan bersinergi. Ini merupakan sebuah kesempatan bagi kami untuk mengembangkan nilai tambah dalam sektor hilir di masa  mendatang agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan perusahaan,” kata Bachtiar Karim, Executive Chairman Grup Musim Mas dalam siaran persnya, Jumat (8/7/2016). 

Menurut Bachtiar, Musim Mas telah bekerjasama dengan Belanda selama tiga dekade dan akuisisi ini akan memperkuat kemitraan jangka panjang dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya disana.

Negara Eropa memasok sekitar 41% dari jumlah produksi gliserin mentah di dunia dan juga mengkonsumsi 28% gliserin yang telah disuling. DGR berada di posisi yang sangat strategis yaitu di tengah rute perdagangan gliserin dunia. 

Produk gliserin berkualitas tinggi digunakan untuk baham baku produk cat, kosmetik, farmasi, industri, rumah tangga dan produk perawatan tubuh.

 

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.